Powered by Blogger.
RSS
Container Icon

Pemblokiran SMS

     


         Kementerian Kominfo dan BRTI sejak 11 Desember 2011 telah mengumumkan tentang rencana pemerintah untuk mengubah skema interkoneksi SMS yang sebelumnya Sender Keep All (SKA) menjadi berbasis biaya (cost-based). Skema SKA berakhir pada malam ini, 31 Mei 2012 pukul 23:59:59. Inilah solusi dari pemerintah untuk menanggulangi SMS spam.

             Perubahan skema ini bukan peraturan baru di industri telekomunikasi. Pemerintah hanya menegaskan ulang Peraturan Menteri Kominfo No. 08/PER/M.KOMINFO/02/2006 tentang Interkoneksi berbasis biaya.

         Agak telat sih waktu saya membaca berita itu beberapa hari yang lalu, dan lebih lagi “kegiatan membaca” berita tersebut baru saya lakukan setelah kejadian “pemblokiran nomor” terjadi pada nomor handphone saya.

              Cerita berawal dari keinginan mengirim sms untuk teman-teman sebelum menjelang bulan Ramadhan. Yak, satu, dua, tiga, empat, dst. Dalam satu sms saya mengirim ke beberapa teman (sekitar 5-7 orang). Sedikit demi sedikit nomor-nomor di kontak hp mulai habis untuk dikirimi sms tersebut, sampai pada kiriman sms ke-sekian, tiba-tiba tertulis failed pada sms-sms terakhir, sudah saya coba berulang-ulang tetap saja failed (Wah-wah, saat-saat menegangkan karena sms buat si mas belom dikirim). Langsung saja saya cek pulsa, dan ternyata JRENG JRENG JRENG......

            Pulsa saya yang tadinya masih sekitar 9000/ 10.000 sekarang tinggal 49 sen!!!! OMG saya langsung shock waktu itu :O, bagaimana tidak, lha wong hari-hari biasa, cukup sms 6 kali saja, bisa langsung gratis sms ke semua operator sepuasnya (hmm...kata “sepuasnya” hanya asumsi pribadi karena biasanya juga ga dihitung berapa banyak sms gratis yang diperoleh setelah mengirim 6 sms *yang penting gratis gituu* hihihihihi). Dan karena saya tipe orang yang sedikit cuek masalah pulsa *tidak 100% benar, tapi ini karena si mas belom di sms yang memakan pulsa cukup banyak dari sms biasa karena di luar negeri* malah curhat :P. Akhirnya saya langsung sms teman saya untuk mengirimkan pulsa *beli pulsa maksudnya*. Yak, sekarang pulsa saya sudah terisi kembali menjadi Rp 10.049,00, kegiatan kirim-mengirim sms pun kembali dilanjutkan. JRENG JRENG JRENG LAGI..sms yang sempat failed tadi tetap FAILED!! OMG saya shock untuk yang kedua kalinya *lebayy*. Bagaimana tidak shock, lha wong sudah mengisi pulsa kok tetap failed. Setelah mengulang-ngulang sms dan hasilnya tetap nihil, akhirnya saya menyerah juga perihal mengirim sms dengan nomor tersebut. Saat itu saya  benar-benar panik karena si mas belum di sms juga L, untungnya saya masih punya nomor lain yang masih aktif,  capcuss langsung isi pulsa itu nomor dan si mas langsung di sms. DONE!

          Pagi hari sebelum ke kampus, saya langsung ke graha provider nomor saya, dan saya mendapatkan berita dari ‘si mbak customer service’ bahwa mulai 1 juni pemerintah menegaskan:
  1.  Bonus sms tiap provider dibatasi hanya 25-50 sms (tergantung tiap provider)
  2.  Satu sms berisi lebih dari 160 karakter, dihitung 2 sms (berarti kalo itu sudah masuk jatah bonus sms, dihitung 2 x bonus sms) 
  3.  Setelah jatah bonus sms habis, sms dihitung tarif normal (tergantung tiap provider)
  4.  Dalam satu menit, jika mengirim sms lebih dari 30 sms, maka nomor langsung diblokir
  5.  Pemblokiran nomor hanya berlaku untuk sms keluar, untuk telepon dan menerima sms dari nomor lain masih bisa (nyiksa banget yaa T.T)                                                                                                (sumber: mbak customer service dengan sedikit tambahan J)
         Solusi satu-satunya adalah ganti nomor baru. Hmm,, pelajaran dan pengalaman baru buat saya deh. Kemaren-kemaren hanya dengar berita tentang bonus sms dihapus *itu pun ga ngeh banget*, ehh sekarang malah mengalaminya sendiri. Nasib-nasib disuruh ganti nomor hehehehe

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

Rahadian K. Putra said...

baru tau ni. makasih mbak ajeng ayu infonya..
pantesan terus ganti nomor :))

ajenk ayu said...

hehehe,,iya sama2 mas dian :D

diary yuphy said...

hohooo...ak gak tau pada peraturan itu,. kan pake paket sms jd gak dapet bonus sms ahahahaaa

ajenk sey cari yg bonusan mulu xixixiiii ^^

#eh ada dian..

ajenk ayu said...

hahaha,, kata mbak2 CS-nya juga blg gini yus,"lhoh peraturannya sudah sejak juni lhoo mbak"

iyaa e,,aku jg ganti paket sms kok biar ga diblokir lg yus hehehehehe

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...