Powered by Blogger.
RSS
Container Icon

The Journey of my Miso (part 1)

Pada postingan kali ini, saya akan memperkenalkan tentang miso, it’s all about miso. Miso ini merupakan topik dari peneltian saya, dan karena masih banyak orang yang belum tahu tentang miso, maka saya akan mengenalkan tentang miso. Pada umumnya, miso terbuat dari kedelai, namun, pada penelitian saya, kacang koro pedang putih digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan miso ini. Cekidot :D.

Miso merupakan salah satu produk fermentasi kedelai yang cukup populer di Asia Timur. Walaupun pada awalnya miso dikenal di negara China dan Korea beberapa tahun yang lalu, namun negara Jepang merupakan pelopor produsen dan konsumen, dengan konsumsi per kapita 5 kg/ orang/ tahun atau 14 g/ hari.

Miso memiliki flavor yang mirip dengan kecap, namun miso memiliki bentuk pasta, atau secara umum miso lebih dikenal sebagai pasta kacang. Miso dapat digunakan sebagai bumbu atau flavoring agent, namun di daerah Jepang lebih sering digunakan untuk membuat sup. Beberapa produk serupa yaitu doenjang (Korea), jang (China), tauco (Indonesia), dan taosi (Filipina).
(Hutkins, 2006)

Berdasarkan atas rasanya, miso dapat dibedakan atas miso manis, agak asin, dan asin. Selain atas warna dan rasa, miso dapat pula dibedakan atas bahan baku yang digunakan, yaitu miso beras, miso barley, dan miso kedelai. Berikut merupakan berbagai jenis, rasa, dan warna miso pada waktu fermentasi yang berbeda-beda.

Klasifikasi
Jenis
Rasa
Warna
Lama fermentasi
Miso beras








Miso barley




Miso kedelai
Miso manis


Miso agak asin


Miso asin


Miso agak asin


Miso asin

Miso asin
Putih –kekuningan
Coklat-kemerahan

Kuning-cerah
Coklat-kemerahan

Kuning-cerah
Coklat-kemerahan

Coklat-kekuningan sampai kemerahan

Coklat-kemerahan

Coklat-kemerahan
5-20 hari
5-20 hari

5-20 hari
3-6 bulan

2-6 bulan
3-12 bulan

1-3 bulan


3-12 bulan

5-20 hari

(Rahayu dan Pudji, 1990)

Beberapa gambar miso dan miso shiru (sup jepang)






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Damar Sindoro Sumbing said...

Wah hebat sekali penelitiannya,Miso dari koro pedang putih. Ide yang luar biasa.Smoga sukses dan bisa berkembang menjadi produk yang laku dipasaran

ajenk ayu said...

Aamiin,,terima kasih pak, mohon doanya :)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...