Powered by Blogger.
RSS
Container Icon

Lembaran Rp 50.000,00-an baruu

Apakah saudara-saudara pembaca tahu perbedaan dari kedua uang lembaran RP 50.000,00 ini?


yak,,saya menyadari perbedaan ini saat mengambil uang di ATM beberapa hari yang lalu, uang yang saya ambil dari ATM tersebut adalah uang yang tertera seperti pada gambar kedua. Waktu pertama kali melihatnya, yang ada dipikiran saya adalah warnanya yang lebih gelap dari biasanya (malah kaya uang palsu,,hehehe) dan ada satu tanda yang menarik perhatian saya, yaitu tanda dua buah segitiga yang ada di pojok kiri bawah. Selain itu yang baru saya sadari saat menulis tulisan ini,, ternyata ada perbedaan lain yaitu tanda bintik-bintik merah di bagian kertas berwarna putih. Setelah dilihat, diraba, dan diterawang (halah, malah iklan) dengan baik-baik, ternyata dua buah tanda segitiga yang menarik perhatian saya tadi adalah huruf braile yang memang dasarnya ada di setiap uang rupiah. Nah, pada gambar uang yang pertama tadi sebenarnya juga ada tanda segitiganya, namun bedanya dengan gambar uang kedua adalah, pada gambar kedua terdapat warna pinggiran ungu pada segitiga, sedangkan pada gambar pertama hanya segitiga saja tanpa adanya warna apapun. Kemudian setelah mengetahui hal ini, saya jadi berpikir, tujuan dibuatnya huruf braile kan diperuntukkan bagi para tuna netra, nah kenapa harus diberi warna pula? jadi, saya merasa heran dengan dibuatnya uang dengan versi baru ini (beras sedikit useless). Ya sudahlah. 

Lalu saya semakin penasaran untuk 'melihat lebih dekat' uang-uang ini, ada lagi yang berbeda, yaitu tanda tangan gubernur di kedua gambar yang berbeda (berarti gubernurnya udah ganti, yaiyalaahh), padahal deputi gubernurnya  masih sama. Adakah para pembaca yang tahu gubernur BI sekarang siapa? :-)


Perbedaan yang jelas antara gambar 1 dan gambar 2 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

Reka said...

wah peka juga lu mbah, hahaha

kalo aku sih asal bisa buat jajan ga tak perhatiin :p

ajenk ayu said...

waktu q ambil pertama kali emang menonjol banget kok :D

my world's words said...

weladalahhh beda to duite skrg?
ckckck,, mau dong buat beli jajaann mbahhh :D

btw ribet bgt mw komen aja hrs nulis captcha(yg bukti anda bkan robot itu lhoo)?

ajenk ayu said...

hahaha,,

serempong itukah mau komen?? hehe,,blm cari2 info lg buat nyeting kir :P

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...