Powered by Blogger.
RSS
Container Icon

"Mengintip" Kehidupan Jepang #3: Tentang Rumah & Apartemen

Di tulisan kali ini, saya ingin berbagi cerita tentang tempat tinggal di Jepang.  Ketika saya berada di Jepang (Toyohashi, Prefektur Aichi), saya menginap di apartemen tempat kakak saya tinggal. Di daerah sekitar, hampir di tiap blok perumahan pasti terdapat apartemen. Memang kebanyakan warga Jepang maupun pendatang tinggal di apartemen. Ya walaupun tidak sedikit juga yang tinggal di rumah. Berikut beberapa hal yang pada umumnya ada baik di apartemen maupun rumah di jepang antara lain sebagai berikut:
1.    Tatami
Kebanyakan rumah-rumah maupun apartemen di Jepang menggunakan tatami sebagai pengganti lantai. Tatami terbuat dari jerami yang sudah ditenun, hampir mirip dengan tikar namun tatami memiliki volume yang lebih besar. Keuntungan penggunaan tatami dibandingkan dengan lantai keramik antara lain apabila saat musim panas maupun dingin (summer or winter) dengan kondisi yang ekstrim, telapak kaki sang pemilik rumah masih terasa hangat dan tidak terlalu dingin saat musim dingin atau pun berkeringat saat musim panas tiba. Selain itu tatami mudah dibersihkan dengan vacuum cleaner (penggunaan vacuum cleaner cukup umum di apartemen Jepang) dan tidak perlu di-pel :).
Tatami

2.    Pemanas ruangan maupun water heater
Karena Negara Jepang merupakan salah satu negara empat musim yang memiliki kondisi yang terkadang ekstrim di tiap musimnya, maka hampir dipastikan setiap rumah maupun apartemen pasti memiliki pemanas ruangan maupun water heater.
Water heater

3.    Mesin cuci
Masih sama karena alasan musim, hampir di setiap rumah maupun apartemen pasti memiliki mesin cuci (yakali ada orang mau cuci manual waktu musim dingin :P). Oh iya, apabila kita ingin tahu apakah suatu apartemen ditempati seseorang atau tidak, bisa kita lihat dari mesin cucinya ada atau tidak, karena biasanya mesin cuci diletakkan di depan dekat pintu apartemen (tapi biasanya di apartemen kecil sih hehehe)
Mesin cuci bisa jadi salah satu penanda suatu apartemen ditempati atau tidak

4.    Exhaust fan
Exhaust fan berfungsi sebagai sirkulasi udara antara udara di dalam dan di luar ruangan. Exhaust fan biasanya terdapat di dapur (sangat bermanfaat ketika sedang masak :D).
Exhaust fan

5.    Pembuangan sampah
Baik di rumah maupun apartemen, baik sampah plastik, sampah basah, maupun botol/ kaleng sudah dipisahkan sendiri-sendiri oleh sang pemilik rumah/ apartemen. Hal ini salah satunya untuk memudahkan dalam recycling sampah-sampah tersebut, selain itu juga karena sudah ada hari khusus untuk membuang tiap masing-masing sampah. Seperti di daerah apartemen tempat kakak saya tinggal, pembuangan sampah basah setiap hari senin dan kamis. Sampah plastik dan botol setiap hari rabu.
Sampah-sampah yang siap diangkut oleh truk sampah

Itulah tadi beberapa hal yang saya amati selama tinggal beberapa waktu di Jepang. Semoga bisa menambah informasi Anda sekalian :). Oh iya, kemungkinan tidak semua daerah/ kota di Jepang sama persis seperti ini lhoo, ini cerita saya di Kota Toyohashi, Prefektur Aichi, Jepang :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...