Powered by Blogger.
RSS
Container Icon

Edisi Mbolang #1: Awal yang 'Agak Mengenaskan', Tapi Berakhir Bahagia

Yeyeyeye, aku mau cerita tentang seputar “mbolang”-ku ke beberapa tempat ah (p.s. mbolang means ‘mbocah petualang’ bukan bocah ilang yaa XD), kenapa aku pengen cerita? Karena jujur aja aku jarannggg banget pergi sendirian, terutama ke luar kota. Kalo pergi dalam kota sendirian mah dah biasa ya, tapi ini keluar kota dengan urusan tertentu coy, oh ya ada kisahku tentang ‘mbolang’ ke luar negeri lhoo, tunggu aja kelanjutannya (hahaha pede banget kaya ada yang ngikutin :p, gapapa deh pede daripada minder hahaha).
 Oke deh, langsung aja, cerita mbolang-ku yang pertama berawal dari undangan tes awal sebuah perusahaan kosmetik yang dilangsungkan di UNS, Solo. Kami bertiga (aku, Nida, Akhir) yang diundang untuk melaksanakan tes awal ini, tapi sayangnya jadwal kami berbeda. Nida dan Akhir punya jadwal tes yang sama, sedangkan aku hanya sendirian di hari yang berbeda pula, namun keuntungannya adalah: mereka berdua dapat jadwal tes duluan, jadi kalau aku mau tes di hari berikutnya bisa tanya-tanya harus naik apa, turun dimana, dan lain sebagainya.
Berbekal informasi dari Nida dan Akhir, keberanian, dan duit seadanya, akhirnya aku pun berangkat ke Solo menggunakan KRL Sri Wedari pukul 05.15* (jadwal kereta bisa dilihat di foto bawah). Aku sengaja menggunakan kereta pagi karena jadwal tes awal adalah jam 08.00, sedangkan kereta Yogya-Solo sebelum jam 08.00 adalah jam 05.15. Oke deh, pagi-pagi udah mandi, masih agak ngantuk ‘n dingin, tapi aku harus berangkat. Sesampai di stasiun Lempuyangan (stasiun terdekat dari rumahku), aku langsung parkir motor (motor ditinggal di stasiun) dan segera membeli tiket KRL tujuan Yogya-Solo seharga 20.000 rupiah. Perjalanan selama ±1 jam aku habiskan dengan bermain game di hape dan mendengarkan mbak-mbak di depanku yang lagi digodain mas-mas geje yang kayaknya kenalan mbaknya pas di kereta juga di hari-hari sebelumnya (jadi mbaknya udah sering digodain gitu hahaha), aku-nya sih cuek-cuek aja.
Akhirnya, tiba juga di Stasiun Balapan *nyanyi lagu Didi Kempot è Stasiun Balapan* XD. Setibanya disana aku langsung naik bus Atmo menuju UNS (satu kali perjalanan aja langsung nyampe, harga sekitar 3000 rupiah). Kata Nida, aku bisa langsung naik bis kampus menuju Fak. Psikologi (kalo ga salah tempat tesnya di Fak. Psikologi, lupa sih hehe), tapi ternyata bis kampus yang ditunggu-tunggu gak dateng-dateng, akhirnya aku langsung tanya-tanya ma pak satpam dimana letak Fak. Psikologi berada. Dan ternyata letaknya cukup jauh dari tempat kuberdiri saat itu. Dan si pak satpam emang menyarankan untuk naik bis kampus, namun sayangnya bis kampus kalo pagi-pagi banget lom dateng (padahal ya itu dah jam 7an, mahasiswa/i juga dah rame pada mau kuliah -___-“). Dan akhirnya daripada nungguin bis kampus yang gatau kapan datengnya, ‘n daripada aku telat masuk tesnya, yasudahlah kuputuskan untuk berjalan kaki sambil menikmati pemandangan kampus UNS pagi itu (toh masih pagi juga, itung-itung olahraga lah). Dan setibanya di Fak. Psikologi, keadaan di sana masih sepi nyenyet, yawes terpaksa nunggu hingga waktu tes dimulai.
Tes yang berjalan ±2,5 jam, akhirnya selesai juga sekitar pukul 11, dan aku inget kalo jadwal KRL terdekat adalah jam 11.30, waaa berarti aku harus sampai stasiun sebelum jam 11.30 :O. Oh iya pas tes aku dapet kenalan anak UNS, namanya Angga, kami sempet tuker-tukeran nomer hp juga, siapa tau suatu saat kami bisa saling bertukar informasi. Nah ngliat jarak Fak. Psikologi ke kampus bagian depan aja udah jauh, mana bis kampus ga nongol-nongol lagi, aku coba sms Angga siapa tau bisa minta tolong nganterin ke stasiun, yah at least nyampe depan kampus lah sampai aku bisa naik bis Atmo menuju stasiun. Dan ternyata Angga udah ditebengin temennya, walhasil nunggulah aku bis kampus nyampe dateng padahal waktu itu hati dah gak tenang banget kalo keretanya dah lewat gimana, coz jadwal kereta berikutnya adalah jam 15.00 (busset dah mau ngapain aku nunggu 3 jam yangg gak jelas itu huhuu). Akhirnya bis kampus pun dateng juga, cuzz untungnya bis Atmo langsung udah ada lagi ngetem, jadi ga perlu nunggu-nunggu lagi. Daaann, sesampainya di stasiun aku cepet-cepet lari dengan buru-buru karena dari depan stasiun udah kedengeran kalo kereta Pramex tujuan Solo-Yogya udah dateng... Jreng-jreng-jreng sesampainya di depan loket, si penjual tiket bilang, “Wah mbak, beli yang jadwal berikutnya aja yaa, ini keretanya barusan aja berangkat” WHATT???!!! Berarti kudu nunggu 3 jam-an lagi, sendiri, mau ngapain coba? Fiuuhh,, sambil sms temen2 yang ada di Solo, bbm-an sama kakak, pikiran-pikiran ‘mau ngapain’, ‘ntar gimana’ pun bermunculan. Dan ternyata temen-temenku di Solo lagi pada sibuk, “what a mess!!” Trus akhirnya pas bbm-an ma kakak, dia bilang suruh naik bis aja daripada nunggu 3 jam yang gak jelas itu. Ok deh, akhirnya kuputuskan untuk naik bis, tapi kudu tanya-tanya orang dulu terminal dimana, kudu naik apa kesono, dsb. Clingak-clinguk liat kanan-kiri kira-kira sapa yang bakal aku tanyain. Akhirnya kuputuskan tanya ibu-ibu di sebelah kiriku (hmm first impression ke ibu ini kayaknya serem ‘n gak ramah) eh, ternyata pikiranku 100% salah. Ibunya super baek banget ngasih tau aku kudu naik apa ke terminal, bayarnya berapa, dll (ibunya ternyata orang jogja juga yang gak tega liat sesama orang jogja juga kesasar, coz beberapa waktu yang lalu ibunya cuma bisa terdiam ngliat seorang anak jogja yang di”kesasarin” ma tukang ojek biar ongkosnya mahal, padahal bisa lebih murah kalo ga di”sasarin” ma tu tukang ojek, heleh-helehhh.... Alhamdulillah deh kalo gitu. Tengs deh buat ibu itu *hmm huruf depannya kalo gak salah Bu S.. (haduh lupa,, maaf buu).
Dan mbolangku hari itu diakhiri dengan sampainya aku di rumah eyangku dengan selamat hehehe. See you di mbolang-mbolang selanjutnyaa yaa hohoho ^0^      
Jadwal Keberangkatan Kereta

Thank you to Bu S, Akhir, Nida, Angga J


Nb.:
Tips mbolang #1 è cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jadwal kereta, bus, angkot, berapa duit habisnya, tujuannya kemana, bisa dari teman yang udah pernah ke sana sebelumnya, atau teman yang emang tinggal di daerah tersebut, kalo gak juga bisa googling cari-cari informasi, make gps, dll.
Cari kenalan sebanyak-banyaknya, (terutama saat tes) kalo perlu tuker-tukeran no.hape, twitter, fesbuk, dll. Yakin, suatu saat pasti bermanfaat apakah untuk saling bertukar informasi tentang perusahaan yang bersangkutan atau ada tes perusahaan lain, ato siapa tau dapet jodoh XD (pengalaman saya, saat dapet kenalan kami saling bertukar informasi tentang tes yang ada di kota masing-masing, share pengalaman, dll, itu pun masih berlangsung sampai saaat ini J). Yang penting di sini adalah tetep terjalin silaturahmi J.  
Hati-hati n’ waspada ma orang yang baru dikenal itu perlu, tapi juga jangan berlebihan, seperlunya aja. Kalo lom kenal banget, jangan mau dikasih makanan ato minuman, ya antisipasi aja sih. Semoga bermanfaat :D.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...